Omah Sprei

Selasa, 04 Oktober 2011

Beberapa Cara Untuk Membuka Toko Online

Belanja online saat ini menjadi semakin menarik dan menjadi gaya hidup bagi sebagian besar masyarakat karena menawarkan banyak kelebihan dibandingkan dengan belanja offline, seperti terjebak kemacetan, hemat ongkos taxi, ga perlu capek dan repot, dll. Selain itu mayoritas orang belanja online karena mereka merasa tidak pandai dalam hal tawar menawar. Dalam belanja online hal tersebut tidak diperlukan, walaupun seandainya ada biasanya hanya cukup dilakukan via sms, chatting atau email.

Jika kita lihat data dari Google Insight, selain toko komputer dan toko buku, sebagian besar pengguna internet juga banyak yang berburu toko sprei dan bed cover ataupun batik secara online. Oleh sebab itu membuat toko online tergolong masih sangat menjanjikan asal bisa menemukan ceruk pasar yang tepat serta tingkat persaingan yang tidak terlalu tinggi.

Nah, jika anda berniat memulai toko di dunia maya berikut beberapa cara untuk membuat online store secara gratis.

1. Membuat Toko Online dengan Blog Gratisan
Mayoritas orang menggunakan blog gratisan untuk jualan di internet. Kelebihannya adalah anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membuka account. Kecuali jika anda mau desain yang lebih sesuai selera diperlukan ongkos untuk memesan desain yang khusus. Namun blog gratisan juga memiliki cukup banyak kekurangan lho, antara lain keterbatasan dalam optimasi blog dan biasanya hanya cocok untuk toko dengan produk yang sedikit. Untuk membuat blog gratisan, anda bisa mengunjungi blogger, wordpress, multiply, dll.

2. Membuat Toko Online dengan Menyewa dari Penyedia Jasa Hosting

Saat ini toko online yang cukup banyak adalah dengan menyewa dari penyedia jasa domain dan hosting murah dan berkualitas. Melalui layanan ini anda bisa mendapatkan toko online siap pakai, anda tinggal mengisinya dengan barang dagangan anda dan mengoptimasinya semaksimal mungkin agar bisa mendatangkan pembeli. Saat ini penyedia layanan seperti ini sangat mudah ditemui, salah satunya yang saya rekomendasikan adalah vkios.com, karena anda bisa mendapatkan toko online dengan harga murah dan layanan purna jual yang sangat memuaskan.

3. Membuat Space Toko di Mall Online (Kios)
Saat ini banyak bermunculan mall online seperti tokobagus, tokopedia, dll. Seperti sebuah mall yang menyediakan banyak kios untuk para pedagang, disana juga banyak pembeli yang datang dan kita tidak perlu repot untuk mencari pembeli karena tugas marketing kita sudah banyak dibantu oleh mereka karena merekalah yang akan sibuk untuk mendatangkan pengunjung.

Namun ada juga kekurangannya yaitu ada kemugkinan kita dikenakan biaya untuk setiap transaksi yang terjadi sesuai dengan persentase tertentu. Karena itu sebelum membuka toko online di mall tersebut sebaiknya baca aturan mainnya dengan teliti dan seksama.

4. Membuat Lapak di Forum Jual Beli
Melakukan transaksi jual beli lewat forum sebenarnya tidak bisa dikategorikan toko karena umumnya hanya transaksi sementara saja. Forum jual beli yang cukup popular saat ini adalah Kaskus.

5. Membuka Toko di Situs Jejaring Sosial
Membuka toko lewat situs jejaring sosial saat ini tergolong sudah cukup marak. Situs jejaring social yang cukup banyak digunakan yaitu Facebook, anda bisa membuat account dan kemudian memajang foto/gambar dagangan anda lewat account yang sudah anda buat tersebut

Dari semua pilihan di atas bisa jadi anda perlu memiliki semuanya. Tapi pada umumnya hanya menggunakan 1-2 saja sudah cukup. Atau, justru anda mungkin punya cara lain untuk membuka toko online? Silahkan share dibagian komentar. Jika anda masih bingung mungkin anda perlu membaca artikel saya. Beberapa Kunci Sukses dalam Menjalankan Bisnis Toko Online dan Panduan Dasar Untuk Belajar Bisnis Online.

0 komentar:

Posting Komentar