Omah Sprei

Sabtu, 01 Oktober 2011

Beberapa Kunci Sukses dalam Menjalankan Bisnis Toko Online

Memulai bisnis toko online adalah sesuatu hal yang gampang-gampang susah namun tidak ada salahnya untuk kita coba. Toko online sebenarnya memiliki konsep yang tidak jauh berbeda dengan toko offline hanya saja system pemasarannya yang sedikit berbeda. Saat ini munculnya toko online bagaikan jamur pada musin hujan, tapi tentu saja tidak semuanya bisa sukses karena ketidaktahuan bagaimana system online bekerja. Pada artikel sebelumnya yaitu Petunjuk Dasar Untuk Membuka Toko Online (1) dan Panduan Dasar Untuk Membuka Toko Online (2) sudah saya bahas beberapa bagian. Untuk itu pada bagian ini saya ingin sharing beberapa kunci sukses yang dapat kita fokuskan untuk meraih sukses di bisnis toko online.

1. Ketepatan dalam memilih produk yang akan dijual

Mengapa ini penting? Karena sukses atau tidaknya anda berbisnis cukup dipengaruhi dengan produk apa yang anda jual. Misalnya jika anda memutuskan untuk membuka toko online yang menjual alat elektronik seperti kulkas, AC, televisi, dll. tentu anda akan banyak mengalami kendala dalam hal pengiriman barang dan tentu saja ongkos kirim yang sangat tinggi yang berakibat pada batalnya konsumen untuk membeli di toko anda , sebaliknya jika anda menjual sesuatu barang yang kecil dan ringan tapi bernilai seperti baju batik, maka anda tidak akan mengalami kendala seperti di atas.

2. Membuat dan maintenance website dengan serius

Setelah memilih produk tentunya anda harus memulai membuat website. Saat ini banyak penyedia jasa yang menyediakan hosting dan domain dengan harga murah. Jika anda memang ingin focus pada bisnis online ini maka saya sarankan untuk tidak menggunakan yang gratisan karena anda akan terkendala pada fitur yang serba terbatas. Berdasarkan pengalaman saya sebaiknya anda menggunakan penyedia jasa yang berbayar tapi tentu saja syaratnya murah, berkualitas dan user friendly. Disini saya merekomendasikan menggunakan penyedia jasa dari vkios karena tergolong murah dan sangat berkulitas.

3. Rajin berpromosi

Promosi adalah hal yang wajib bagi pemilik toko online, karena promosi bisa mendatangkan pengunjung ke website kita. Kita bisa memanfaatkan program promosi berbayar semisal google adwords, kliksaya, sitti, dll. Namun anda juga bisa menggunakan sarana promosi gratis seperti facebook, twitter, Blackberry Messenger, dll.

4. Berikan pelayanan terbaik untuk konsumen

Berikan pelayanan terbaik pada konsumen agar mereka bisa datang untuk berbelanja lagi. Pelayanan terbaik juga bisa masuk kategori promosi karena jika konsumen mendapatkan pelayanan yang memuaskan maka mereka bisa menceritakannya kepada orang lain yang mereka kenal. Hal ini sudah saya buktikan sendiri.

5. Jangan mudah menyerah

Menjalankan bisnis online bukanlah hal yang mudah, seringkali kita putus asa jika setelah beberapa lama tidak juga menunjukkan hasil seperti yang diharapkan, tapi jangan menyarah, teruslah berusaha agar bisa mendapatkan hasil yang lebih baik.

6. Rajin berdoa dan berikan persembahan

Kunci yang tergolong sangat penting disini adalah “DOA”. Kita harus percaya bahwa kerja keras kita adalah sia-sia jika tidak diberkati oleh Tuhan. Seberapa keraspun kita berusaha tapi jika Tuhan tidak berkehendak maka semuanya tidak akan berjalan dengan sukses, namun bukan berarti kita rajin berdoa tapi tidak berusaha kan? :D

Kita juga harus percaya bahwa usaha dan kesuksesan kita adalah berkat Tuhan, jadi marilah kita sisihkan sebagian berkat itu untuk “dikembalikan” kepada Tuhan melalui persembahan kita. Kita bisa melakukannya dengan memberi persepuluhan di gereja, bersedekah di masjid, dll.

Jangan takut untuk memulai bisnis online, Anda bisa melakukannya secara kecil-kecilan terlebih dahulu, jangan minder dengan yang sudah senior karena semuanya pasti pernah jadi junior. Lalu pertanyaan selanjutnya adalah seberapa besar potensi penghasilan kita di bisnis toko online ini? Jawabannya adalah semua tergantung pada produk, penjualan dan bagaimana usaha anda mengembangkan bisnis ini. Saya saat ini memiliki 2 toko online yaitu omahsprei.com dan jualanbatik.com, dan puji Tuhan hasil perbulan dari kedua toko ini sudah bisa mencukupkan kebutuhan saya sekeluarga.

Oke. Selamat mencoba dan semoga sukses ya

2 komentar: