Omah Sprei

Senin, 03 Oktober 2011

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Toko Online

Jika anda berhasrat untuk membuka toko online yang simple, anda bisa mulai dari blog gratisan. Anda bisa menggunakan blogger atau wordpress. Anda bisa memasukkan foto-foro produk anda beserta harga dan ongkos kirim, cara pembayaran, dll. Tetapi jika anda memang serius untuk menggeluti bisnis ini maka saya sarankan sebaiknya untuk menggunakan layanan penyedia jasa domain dan hosting murah dan berkualitas karena hasilnya tentu lebih baik dan biasanya lebih mudah untuk digunakan. Namun sebelum memulai, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, antara lain :

1. Memutuskan produk apa yang hendak dijual
- Apakah anda hendak menjual sejenis barang atau jasa atau juga sejenis barang digital seperti e-book? Misalnya anda bisa menjual sprei, bed cover, pakaian batik, dll.
- Apakah produk yang hendak anda jual tersebut hanya terdiri dari satu jenis atau banyak jenis?
- Apakah anda suka dengan produk yang anda jual? Jika anda suka atau antusiasme terhadap produk yang akan anda jual akan menjadi keuntungan anda dalam bersaing dengan toko online yang lebih besar dan sudah lebih dulu ada. Menjalankan toko online butuh kesabaran dan kemampuan tinggi untuk mempromosikannya.

2. Test Potensi Pasar Anda

Di toko offline, menjual produk lewat pihak ketiga sangat penting dan seringkali kita lakukan (misalnya, titip di warung, kantin, atau toko). Ini untuk menguji seberapa besar tingkat kesukaan konsumen terhadap produk anda. Prinsip ini berlaku juga di dunia maya. Coba jual beberapa produk anda melalui blog anda. Promosikan kepada teman-teman anda terlebih dahulu. Lalu tanyakan pendapat mereka tentang produk anda.

Informasi yang ingin anda cari adalah sebagai berikut:
- Siapa yang membeli produk anda? Anda juga bisa memberikan diskon untuk beberapa produk anda. Cari tahu juga dimana mereka sering berbelanja online.
- Berapa harga yang pantas untuk produk anda? Jangan takut untuk bereksperimen dengan harga yang berbeda-beda.
- Bagaimana tingkat kepuasan konsumen? Ini adalah cara terbaik untuk mengetahui tingkat kemampuan anda dalam melayani konsumen. Apakah anda membungkus produk anda dengan baik? Apakah cara pengiriman (kurir) yang anda pakai bisa diandalkan? Apakah mereka suka dengan produk anda? Apakah anda menjelaskan produk anda dengan jujur kepada konsumen?

3. Ketahui Kemampuan Finansial Anda

Apabila anda memiliki budget yang besar untuk memulai bisnis toko online, anda bisa menyewa sesorang untuk membuatkan toko online untuk anda. Tetapi anda juga bisa menggunakan layanan pembuatan toko online murah untuk bisnis online anda. Salah satunya adalah vkios.com yang menawarkan layanan toko online murah dan berkualitas.

4. Promosikan Toko Online Anda

Tidak peduli seberapa bagus toko online anda, tidak akan berhasil apabila tidak ada yang tahu. Bisnis ini bukan bisnis semacam "buat toko online lalu konsumen akan datang dengan sendirinya". Membuat toko online yang mudah digunakan oleh konsumen adalah sangat penting. Tetapi yang lebih penting dari itu adalah marketing, cara meningkatkan trafik blog, menjual produk berkualitas, dan memberikan layanan yang bagus ke konsumen.

Oke, selamat memulai bisnis toko online anda dan semoga sukses.
Dikutip dari : http://www.missjinjing.com

0 komentar:

Posting Komentar