Omah Sprei

Senin, 26 September 2011

Petunjuk Dasar Untuk Membuka Toko Online (1)

Hallo sobat semua, pada kesempatan ini saya ingin membagikan kepada sobat semuanya beberapa tips membuka toko online. Mengapa toko online? karena toko online memberikan cukup banyak keuntungan dibandingkan jika kita membuka toko offline. Kita tidak perlu menyewa ruko/kios yang mahal, jangkauan pelanggan yang tidak terbatas area tertentu, dan tentu masih banyak kelebihan-kelebihan yang lainnya.

Sebelum masuk ke tahap lebih lanjut, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, antara lain :
1.  Memilih Barang/Jasa yang Hendak Dijual
Tahap pertama yang harus kita lakukan adalah menentukan produk apa yang hendak kita jual. Sebagai masukan, sebaiknya pilihlah barang yang tidak terlalu besar/berat, nilainya tinggi, dan mudah dikirim. contohnya sprei, baju batik, sepatu, tas, dan lain-lain.

2.  Survey Kata Kunci
Setelah sobat menentukan produk yang hendak dijual, langkah selanjutnya adalah survey kata kunci. Ada beberapa tools yang bisa sobat gunakan, salah satunya adalah google adwords. misal sobat memilih produk tas batik, maka sobat bisa mengetahui seberapa banyak pengguna internet yang mencari "tas batik" dalam periode beberapa bulan terakhir. Semakin banyak hasilnya maka akan semakin baik, yang berarti bahwa semakin banyak orang yang mencari produk dengan kata kunci tersebut.

3. Memilih Tempat dan Nama Domain
Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilih tempat. Ada beberapa tempat yang menyediakan fasilitas gratis, seperti blogger.com, multiply.com, wordpress.com. Namun yang harus sobat pahami adalah bahwa yang namanya gratisan tentu semuanya serba terbatas. Tapi jangan kuatir karena jika sobat memang serius untuk menjalankan bisnis toko online, saya ada referensi penyedia layanan hosting yang murah dan berkualitas. Saya sudah memakainya untuk 2 toko online saya yaitu omahsprei.com dan jualanbatik.com. Sobat hanya perlu membayar sewa hosting sebesar Rp. 500.000,- per tahun, sedangkan untuk biaya perpanjangannya hanya sebesar Rp. 300.000,-. Jika sobat berminat bisa lihat rinciannya disini.

Disana juga sobat bisa langsung memilih nama domain yang diinginkan, perlu diperhatikan sebelum memilih nama domain adalah sobat sudah melakukan survey kata kunci terlebih dahulu (point 2) karena ini adalah sesuatu yang sangat vital. Usahakan memilih nama domain yang sama dengan kata kunci yang sobat bidik. Misal berdasarkan point 1 sobat memilih untuk menjual tas, maka setelah disurvey maka muncullah hasil pencarian terhadap tas. Saran saya jika sobat masih pemula, pilihlah kata kunci yang tingkat persaingannya tidak terlalu tinggi dan memiliki hasil pencarian bulanan lokal sebanyak 10.000 - 25.000. Misalnya tokotas.com (memiliki hasil pencarian lokal sebanyak 18.100 dan tingkat persaingan tidak terlalu tinggi).

4. Mengisi dan Mendandani Toko Online
Setelah proses 1-3 selesai maka sobat sudah punya toko online sendiri, tapi itu baru tokonya lho :), nah tugas sobat selanjutnya adalah mengisi toko tersebut dengan gambar/foto dagangan sobat. semakin banyak gambarnya maka akan semakin menarik. Selain itu sobat juga perlu membuat beberapa peraturan dalam transaksi jual-beli, pasang alamat dan nomor telepon atau PIN BB yang bisa dihubungi, pilih rekening bank untuk proses penerimaan pembayaran, dan tentukan expedisi yang akan digunakan untuk jasa pengiriman.

Oke sobat, sepertinya tips-tips awal sementara sampai disini dulu, untuk artikel berikutnya saya akan membantu sobat untuk mengoptimasi website agar mendatangkan traffic dan mulai menghasilkan penjualan. Tunggu postingan saya berikutnya ya :D

0 komentar:

Posting Komentar