Omah Sprei

Jumat, 07 Oktober 2011

Google Panda - Algoritma Terbaru Search Engine Google

Belum lama ini, google merilis algoritma terbaru dari search engine mereka yang dinamakan Google Panda. Yuk kita lihat beberapa fakta mengenai Google Panda ini.

1. Sepertinya algoritma baru google yaitu google panda ini, cukup berbeda dengan yang namanya de-index. Google panda ini lebih ditujukan untuk menggusur "content farm". Sedangkan deindex sendiri sudah terjadi sejak sebelum tanggal 24 february.

2. Efek dari google panda yang paling utama adalah pengindexan dari situs content farm diturunkan ke bawah dan bukannya hilang alias deindex. Akibatnya, karena kebanyakan content mereka di tendang dari pejwan, trafik otomatis anjlok. Ini yg disebut engineer google sebagai "de-ranked".

3. Ada yg bilang di sini, ini kesempatan masuk ke pejwan menggantikan si content farm. yang saya baca, justru di sinilah masalahnya. algoritma baru ini sebaliknya akan meng-anak emas-kan apa yg disebut dengan "authoritative site".

4. Apa itu authoritative site? kalo dulu wikipedia merajalela, maka sekarang akan ditemani banyak situs *.gov di pejwan. jadi kira2, menurut algoritma baru ini, situs pelat merah layak didahulukan ketimbang pelat hitam.

5. Katanya algoritma ini bersifat umum. jadi gak khusus utk kasus2 tertentu. jadi gak perlu ge-er, kalo kita merasa pake auto, robot, copas, terus deindex, seolah2 si mbah mengincar aliran ini. toh, udah terbukti juga, si mbah juga benci sama yg unik-unik dan manual tapi gak sesuai dengan algoritma dia.

6. Kalo ini sih pendapat saya sendiri. kalo blog sobat kena semprit si mbah, bisa jadi karena selama ini terlalu "intim" sama web2 content farm. kalo artikel direktori dimusuhi si mbah, sudah pasti yg sering main2 ke situ juga kena pengawasan si mbah.

7. Kabar buruknya, kalo nggak salah, algoritma baru ini baru rolling 12% database google terutama untuk amerika. jadi intinya, badai belum pasti berlalu buat yg masih aman2 saja.

8. Sekarang yg banyak didiskusikan bagaimana masa depan SEO? kalo mainan si mbah "authoritative site", terus masih bergunakah backlink untuk mendongkrak serp? atau sampe kapan? yg jelas si panda beda dengan caffeine.

9. Kenapa google kok jadi galak ya? ini murni bisnis bro. Tahun kemarin pendapatan google 30 miliar dolar (>90% dari adword). katanya, google ingin terus menjaga kepercayaan pengguna search engine supaya bisnisnya tetap lancar.

10. So bagaimana dengan kita? menurut saya pilihannya dua: koalisi atau oposisi sama si mbah google hehe... kita harus segera cari jalan agar tetap bisa mengumpulkan recehan dengan aman sentosa.

Demikian 10 hal yang perlu kita ketahui tentang google panda. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Jangan lupa baca juga artikel saya Strategi jitu meningkatkan trafik blog dan Cara untuk mendapatkan backlink berkualitas secara gratis.

0 komentar:

Posting Komentar