Omah Sprei

Sabtu, 08 Oktober 2011

Google Panda - Siapa yang Diuntungkan dan Siapa yang Dirugikan

Apa itu google panda?sudah pernah dengar?Google panda adalah algoritma terbaru dari search engine terbesar di dunia yaitu google yang sudah dirilis sejak awal tahun 2011 yang lalu. Algoritma terbaru google ini ternyata banyak menimbulkan kehebohan terhadap hasil pencarian karena terdapat perubahan yang sangat signifikan sekali. Memang google berencana untuk memperbaiki sistem pencarian dari mesin pencari mereka setiap tahunnya namun yang terjadi kali ini cukup merepotkan bagi pemiliki situs-situs besar karena posisi mereka terlempar dari posisi pencarian sebelumnya.

Kabar baiknya buat kita adalah google panda saat ini baru diaplikasikan untuk web/blog berbahasa inggris, tapi kabar buruknya adalah kita pasti kena giliran :D. Nah sebelum kena giliran “disikat” sama si panda mending kita antisipasi dulu yuk.

Apa itu google panda?
Jika selama ini kita menggunakan google sebagai mesin pencari yang sangat diandalkan untuk mencari produk maka sekarang akan digunakan untuk mencari informasi. Misalnya jika kita ingin mencari spreibed cover atau batik maka google akan menampilkan situs-situs belanja online tentang sprei atau baju batik, tetapi setelah adanya google panda maka pencarian akan berganti pada situs-situs yang memberikan informasi tentang apa itu sprei atau batik.

Trus bagaimana nasibnya dengan situs-situs yang menyediakan banyak artikel seperti ezinearticles.com, dll? Mereka akan dikategorikan sebagai situs “content farm” atau peternakan konten dan ternyata si panda sangat tidak menyukai ini dan akan menyingkirkan mereka dengan “tendangan kungfu” sehingga situs-situs seperti ini akan diturunkan peringkatnya dari hasil pencarian.

Lha trus siapa donk yang diuntungkan dengan adanya si panda ini? Yang beruntung dengan adanya google panda adalah tak lain pemilikweb/blog yang rajin menuliskan artikel berkualitas, unik dan original di blog mereka. Jadi kesimpulannya, biar web/blog kita ga jadi korban ‘tendangan kungfu” si panda mendingan siap-siap dengan konten asli dan original.

Sampai disini apakah sudah jelas tentang google panda? Kalau belum, baca juga artikel saya Google Panda – Algoritma terbaru search engine google. Semoga bermanfaat ya…

0 komentar:

Posting Komentar