Omah Sprei

Jumat, 11 Mei 2012

Tips Merawat Pakaian Batik dengan Daun dan Debu Emas

Batik merupakan salah satu bentuk seni budaya Nusantara terutama pulau Jawa. Kepopuleran batik dianggap tidak cuma di Nusantara tetapi juga di dunia. Karena telah melalui sejarah yang panjang, adalah wajar apabila baju batik dianggap sebagai salah satu dari beberapa kain kuno tertua tidak hanya di Nusantara tetapi juga di dunia. Apa yang membuat batik populer sebagai bentuk seni khas Jawa ialah karena adanya desain batik dasar yang ditemukan di dinding-ukiran di patung candi Prambanan. Terbuat dari bahan alami dan alat tradisional, batik sangat antik untuk dimiliki. Karena mengandung nilai antik, batik memerlukan perawatan khusus untuk menjaga standar kain dan desainnya. Mendapatkan pengetahuan mengenai proses fabrikasi kain yang cukup akan memudahkan Anda untuk menentukan perawatan yang cocok. Dengan melakukan perawatan yang sesuai, Anda dapat membuat baju batik Anda tampak bagus dan lebih awet.

Untuk menambah nilai batik, beberapa masyarakat sering melakukan perawatan khusus dengan menambahkan daun emas atau debu emas. Pemakaian daun emas atau debu emas bisa membuat batik Anda terlihat glamor dan elegan. Jadi, kain batik dapat mempunyai nilai yang lebih berkualitas karenanya . Type kain batik dihias emas ini sering disebut sebagai Batik Prada. Dan Batik Prada dengan penambahan daun emas dipakai di Jogjakarta dan daerah Surakarta. Batik Prada dengan penambahan debu emas digunakan di Jawa Tengah dan sekitarnya. Daun emas dan debu emas diterapkan ke kain dengan lem buatan tangan. Lem terbuat dari perpaduan putih telur dan minyak biji rami. Walaupun bahan yang begitu sederhana, tapi kualitas lem begitu baik karena tidak akan dihapus setelah dicuci. Batik kuno sering memakai emas di atasnya tapi saat ini batik modern menggunakan daun emas dan debu emas.

Ada perlakuan khusus untuk menjaga kualitas Batik. Perlakuan khusus di bidang proses pembersihan layaknya mencuci. Karena demi perawatan terbaik untuk batik, penggunaan sabun harus begitu diperhatikan. Hal ini karena pemilihan detergen yang salah akan membuat kain batik dan desain menjadi cepat rusak. Dan bahkan warnanya bisa berubah jadi pudar dari yang semestinya. Untuk mencuci batik terutama Prada, orang sebaiknya menggunakan deterjen dari bahan kimia rendah. Ini berarti bahwa batik memerlukan sabun khusus yang tepat untuk semua kain sensitif seperti katun, linen halus, dan lain-lain. Batik juga dapat dicuci dengan bahan tradisional bernama lerak yang bisa dibeli di pasar tradisional. Setelah selesai proses pencucian, itu adalah pastikan untuk menjemur pakaian batik maupun baju batik Anda di lokasi yang teduh dan jangan terkena cahaya matahari secara langsung. Jadi, warna dan juga desain dapat terpelihara dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar