Omah Sprei

Senin, 14 Mei 2012

Batik - Sebuah Seni Mewarnai Kain Yang Unik dari Indonesia

Indonesia merupakan negara yang sangat maju di bidang industri pariwisata dan juga terletak di lokasi yang strategis di Asia Tenggara yaitu antara Benua Asia dan juga Benua Australia serta diantara Samudra Hindia dan Samudera Pasifik. Terletak di antara dua benua dan dua samudera, Nusantara menyimpan bentuk seni yang melimpah di beberapa jenis, ukuran, dan juga asal. Baju batik adalah salah satu contoh kain bermotif seni dari Indonesia. Batik merupakan kain yang dapat menjadi kebanggaan Indonesia di mana baju batik sudah ditemukan sejak waktu yang begitu lama bahkan ketika Indonesia belum memperoleh kemerdekaan. Kata Batik asalnya dari bahasa Jawa yaitu "Ambatik" yang artinya membuat titik. Selain itu, Batik juga merupakan persamaan kata dari kata Jawa "tritik" yang artinya proses pembuatan batik dengan beberapa langkah dari mengetik, menjahit, untuk pencelupan.

Sebagai salah satu bentuk fabrikasi tua dan seni kuno, Batik menyimpan sejarah yang sangat panjang untuk dipamerkan sehingga masih dapat eksis dan mengembangkan nama serta mengandung pola sangat banyak. Sejarah terbukti masih memiliki sebagian masalah kontradiksi dan argumentasi di kalangan sarjana dan juga seniman. Berdasarkan dokumentasi Belanda dari abad ke-17, sebagian sarjana menganggap Batik datang ke Indonesia dan mengalami perkembangan terus menerus pasca impor perdagangan yang beredar di masa itu sebagai satu pekerjaan sangat dihargai. Pada saat itu, Indonesia jadi tempat transit internasional antara India dan juga negara-negara Eropa untuk mengakomodasi komoditas dasar tekstil bermotif. Dan, bukti Batik Jawa kuno juga bisa dilihat pada permukaan patung Candi Prambanan dalam bentuk dinding-ukiran batu. Ini mungkin merupakan alasan mengapa baju batik menjadi bentuk seni tertanam di sekitar Prambanan.

Dalam era modern, batik sudah menjadi bagian dari bentuk seni budaya. Kain kuno bisa digunakan dalam bentuk jarik, sepotong kain bermotif yang serupa dengan sarung namun digunakan untuk wanita saja. Jarik batik biasanya dipakai dalam lingkungan Keraton sebagai pakaian wajib dan budaya yang mencerminkan posisi seseorang dalam istana. Tapi sekarang warga biasa, orang di luar istana juga bisa menggunakan baju batik dengan pola yang beragam. Itulah kenapa kemunculan baju batik sangat beragam dan variasi tidak cuma dalam pola tapi juga jenis pakaian. Batik bisa dinikmati dalam bentuk pakaian batik. Dan bahkan, remaja menciptakan terobosan untuk menikmati batik dalam bentuk pakaian lebih gaya dan disesuaikan dengan perkembangan jaman seperti kaos batik. Sekarang, ada pola batik yang begitu banyak dan jenis pakaian yang tersebar di pasar lokal maupun internasional. Dan pada perkembangannya saat ini batik tidak cuma terbatas untuk membuat baju batik, tapi juga sudah di inovasi pada barang lain seperti : tas batik, sepatu, kebaya, sprei, bed cover, dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar